Sukseskan Pembentangan Bendera Merah Putih Panjang 11.000 Meter Kodim Jayapura Kerahkan 100 Prajurit

    Sukseskan Pembentangan Bendera Merah Putih Panjang 11.000 Meter Kodim Jayapura Kerahkan 100 Prajurit

    Jayapura - Mewakili Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo, Kepala Staf Kodim Letkol Arm Mustapa Lara, S.T., M.I.P., mendampingi Pj Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey, M.Si., pembentangan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Integrasi atau Masuknya Papua Ke Pangkuan Negara Republik Indonesia.

    Pelaksanaan pembentangan bendera merah putih di Kota Jayapura kali ini sepanjang 11.000 Meter, dan di ikuti  10.000 orang. Pembentangan bendera mulai dari pertigaan Ring Road Hamadi sampai dengan pertigaan PLTU Holtekamp, mencangkup wilayah Distrik Jayapura Selatan, Distrik Abepura, dan Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Rabu (1/5/2024).

    Dalam sambutannya, Pj Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey mengatakan sebagai mana kita ketahui bahwa hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Papua. Pada tanggal 1 mei 1963, di mana Papua di integrasi masuk ke dalam NKR.

    "Masuknya Papua dalam NKRI begitu banyak dinamika di lapangan, ada yang senang dan ada yang tidak senang. Akan tetapi semua itu merupakan hal yang biasa terjadi dalam bernegara, yang terpenting bagaimana kita mengelola dan menciptakan kemajuan bagi Tanah Papua dan Masyarakat Papua, " tegasnya.

    Mari kita terus menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan serta jiwa nasionalisme untuk Papua yang lebih baik lagi kedepannya. Pembentangan bendera sepanjang 11.000 Meter ini akan menghasilkan rekor MURI bagi kita di Kota Jayapura.

    Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh Forkopimda bahkan Stakeholder dan masyarakat yang terlibat dalam momen bersejarah ini. Menurutnya, apa yang dilakukan sebagai bukti Papua adalah bagian dari NKRI, imbuhnya.

    Sementara itu, Direktur Marketing Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Awan Rahargo menyampaikan kepada awak media bahwa MURI punya beberapa kriteria untuk menilai mengenai suatu kegiatan.

    "Kegiatan ini termasuk dalam kriteria superlatif, yakni Kegiatan yang terbanyak, terbesar, terpanjang dan kegiatan unik, " terangnya

    Lebih lanjut, dengan pembentangan bendera merah putih sepajang 11.000 Meter di Kota Jayapura ini masuk memenuhi kriteria. Pembentangan kain merah putih terpanjang saat ini, biar belahan dunia lihat bahwa sang merah putih berkibar di tanah Papua, kami melihat sebagai rekor muri, imbuhnya.

    Kota Jayapura pecahkan rekor muri yang sebelumnya oleh Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang membentangkan bendera merah putih sepanjang 7, 8 Kilometer di Pantai Taipa, Kecamatan Lasolo.

    "Catatan ini memecahkan rekor di Konawe, sedangka kami catat melalui perhitungan kami di Kota Jayapura sepanjang 10.076 Meter. Hal ini lebih dari 10 kilometer yang terpanjang di Indonesia maupun di dunia, pungkasnya.

    Di tempat yang sama, Kepala Staf Kodim Letkol Arm Mustapa Lara mewakili Dandim Jayapura menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi dan mendukung pemerintah Kota Jayapura dalam pembentangan bendera merah putih.

    "Kodim Jayapura mendukung bendera merah putih panjang 1000 Meter dan mengerahkan 100 prajurit dalam rangka pembentangan bendera merah putih sepanjang jalan Hamadi sampai Holtekamp, " terangnya.

    Dengan harapan, pembentangan bendera merah putih ini dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme warga masyarakat dan siswa di Papua khususnya di Kota Jayapura terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tutupnya. (Redaksi Papua).

    kodim jayapura pendim jayapura pembentangan bendera merah putih terpanjang di indonesia kasdim jayapura tni ad berbuat kasih tulus dan ikhlas
    Henry Bram

    Henry Bram

    Artikel Sebelumnya

    Penuhi Kebutuhan Air Babinsa Sentani Pendampingan...

    Artikel Berikutnya

    Kepala Staf Kodim Jayapura Hadiri Upacara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kodim Jayawijaya Potong Tumpeng Peringati HUT Ke 61 Kodam XVII Cenderawasih
    Kodim 1702 Jayawijaya Gelar Ziarah Peringati HUT Kodam XVII Cenderawasih
    Jalin Tali Silaturahmi, Satgas TK J2 Sambangi Masyarakat dan Berikan Bantuan
    Peringati HUT ke-61 Kodam Cendrawasih, Kodim Sarmi Bagi-Bagi Santunan
    Dandim Letkol Czi Bagus Marsudi Sambut Kedatangan Wakasad di Kabupaten Sarmi

    Ikuti Kami